Search This Blog

Mengenal bisnis Affiliate

Wednesday, August 12, 2009

Seperti pada umumnya bisnis didunia nyata,bisnis online pun kita harus punya satu produk untuk kita jual kepada konsumen yang nantinya bisa mendatangkan income buat kita. Produk yang dapat kita jual disini bisa berupa barang atau jasa,nah bagaimana kalaw kita tidamempunyai produk apapun untuk dijual, maka Affiliate Program adalah solusinya. Apa itu affiliate program/ associate program/program affiliasi? Affiliate Program merupakan suatu bentuk kerjasama bisnis dimana kita bertindak sebagai "perantara atau calo" antara penyedia produk atau layanan tertentu dengan calon customer-customer mereka . Jika satu atau beberapa costumer tersebut melakukan transaksi, maka kita sebagai affiliate akanmendapatkan kompensasi atau komisi atas kerja yang kita lakukan.

Alasan kenapa kita memilih bergabung sebagai affiliate:

  • Tidak perlu biaya produksi.
  • Biaya untuk memulai bisnis ini relatif rendah.
  • Tidak memerlukan banyak karyawan atau bisa dikerjakan sendiri
  • Bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun kita berada dan tidak terikat waktu dan tempat,asal ada koneksi internet.
  • Peluang mendatangkan income tanpa henti.
  • Berpotensi mendapatkan pendapatan yang tidak terbatas. Jika dijalankan dengan konsisten, dan pantang menyerah.

Ada tiga tipe affiliate program, antaralain:

  • Pay Per Sale program, kita akan dibayar jika terjadi transaksi dan penjualan melalui link refferal kita.
  • Pay Per Lead program, kita akan dibayar jika ada seseorang yang mengisi form (isian), survey, atau sign up terhadap layanan yang diberikan lewat link referalkita.
  • Pay Per Click program, kita akan dibayar jika ada seseorang yang melakukan klik pada link refferal kita yang diberikan oleh merchant kepada kita.

Nah dari tiga type affiliate diatas mankah yang lebih cocok menurut anda? semua tergantung niat dan keinginan anda seberapabesarkah incame yang ingin anda dapatkan.

Nah sudah mulai paham kan, kebanyakan Affiliate Network menyediakan program program tersebut diatas dengan gratis. Berikut ini daftar affiliate program network yang terkenal, namun beberapa diantaranya tidak menerima pendaftaran dari indonesia, tapi tidak usah khawatir banyak yang masih menerima peserta dari indonesia.

Bagaimana memilih affiliate program yang paling cocok untuk anda?

Berikut ini adalah faktor-faktor yang mesti anda pertimbangkan:

  • Relevansi: Carilah affiliate program yang sesuai dengan tema dari website anda.
  • Kualitas dan Stabilitas: Pilihlah affiliate program dari perusahaan yang reputasinya bagus. Salah satunya bisa dilihat dari lamanya mereka berdiri, dan jumlah affiliate marketer yang sudah terdaftar. Juga pertimbangkan apakah mereka mempunyai contact support yang khusus menangani anda.
  • Komisi: Pilihlah affiliate program yang memberikan komisi yang tinggi dan memberikan kebebasan dalam pengambilan komisi, baik dari cara pembayaran maupun frekuensi pembayarannya. Selain itu akan lebih baik jika memilih affiliate program yang memberikan komisi seumur hidup/lifetime commission artinya konsumen yang tercipta berkat kerja anda, maka konsumen itu menjadi milik anda selamanya.

Setelah kita melakuakan registrasi atau pendaftaran langkah selanjutnya adalah memasarkan produk/service yang mereka tawarkan.

Urutannya sebagai berikut

1.Membuat situs pemasaran( baca: membangun blog di blogger.com)

Seperti pada umumnya seorang marketing, kita harus tau bagaimana caranya agar mereka para calon pembeli(pengunjung situs kita) bisa tertarik pada produk/service yang kita tawarkan melalui situs kita,bagai mana meyakinkan kepada mereka bahwa produk/service tersebut dapat memberikan solusi pemecahan masalah para pengunjung situs kita. bagai mana memberi perbandingan harga produk kita dengan produk/service sejenis di pasaran, Jika pengunjung situs kita membeli produk/service yang kita tawarkan, apa nilai lebihnya bagi mereka dengan membeli kepada kita,yang perlu diperhatikan pula, seberapa mudahkah mereka bisa menghubungi kita?

Oh ya, jangan dilupakan bahwa yang kita hadapi adalah orang yang nyata, jadi usahakan membuat kata-kata marketing yang efektif,sopan jelas dan tidak menyesatkan pada situs penawaran kita. Anggaplah ini sebuah pertemuan langsung dengan calon pembeli kita.

2.Menggunakan PPC Advertising

Salah satu contohnya anda bisa menggunakan Google Adwords, Yahoo Search Marketing dan MSN Adcenter. Hal yang perlu dipikirkan di antaranya adalah bagaimana anda membuat iklan yang efektif dan bagaimana meningkatkan rasio konversi perjualan yang tinggi - jumlah penjualan dibagi dengan jumlah klik yang terjadi dikali 100%- semakin tinggi sales konversion iklan anda maka semakin baik. Selain itu perlu diperhitungkan ROI (Return on investment) nya dari periklanan ini, berapa komisi dari affiliate program yang anda dapatkan terhadap biaya yang anda keluarkan untuk beriklan untuk suatu jangka waktu tertentu misalnya satu bulan.

0 comments:

Post a Comment

Thank For You Comment

 
 
 
 
Bookmark and Share